Kesehatan

Karang Gigi

Karang gigi atau "kalkulus gigi" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Penyebab Karang Gigi.

Tulisan ini saya coba sadur dari Wikipedia: Karang gigi atau "kalkulus gigi" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Cara ini agak sedikit ekstrim, namun bisa anda coba yaitu dengan bata merah. Ya batu bata merah sangat efektif untuk menghilangkan karang atau kerak gigi. Hanya dengan menghaluskan batu bata dan setelah itu gosokan pada gigi yang terdapat kerak atau karang hingga benar-benar bersih

2. Menggunakan biji asam (khususnya asam kawak) :
  1. Siapkan beberapa biji dari buah asam kawak, lalu sangrailah biji ini.
  2. Setelah biji selesai disangrai dan dingin, siapkan alat penumbuk, tumbuk biji asam kawak hingga halus sempurna.
  3. Gunakanlah biji asak halus ini untuk gosok gigi dengan bantuan sikat gigi.
  4. Lakukan secara teratur sampai karang gigi anda hilang sempurna.
3. Sering makan apel
Menurut beberapa pengalaman orang bahwa dengan memakan apel tanpa dikupas itu akan membantu membersihkan plak dan karang gigi. Tentunya sebelum dimakan dicuci dulu ya apelnya. Sifatnya adalah membantu mengurangi karang gigi.
 
4. Menggunakan biji cengkeh
Adapun cara pengaplikasiannya adalah sbb:
  • Siapkan beberapa biji cengkeh yang sudah dikeringkan
  • Haluskan biji cengkeh dengan cara ditumbuk
  • Bubuk cengkeh yang sudah anda tumbuk ini kemudian anda gosokkan keseluruh dinding gigi, terutama yang banyak karang giginya.
  • Selain dapat menghilangkan karang gigi cara ini juga dapat menghilangkan bau mulut (nafas akan terasa segar).
Nah itulah sekilas tentang karang gigi, semoga bermanfaat.

0 Response to "Karang Gigi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef